Saturday, March 21, 2009

SISTEM INFORMASI

adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu organisasi (Alter, 1992). adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna (Bodnar dan Hopwood, 1993). adalah suatu sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan menyebar informasi untuk tujuan tertentu (Turban, McLean dan Wetherbe, 1999). adalah suatu rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai (Hall, 2001)


KOMPONEN SISTEM INFORMASI


* Perangkat Keras (hardware) : mencakup perangkat keras seperti komputer, printer dsb.
* Perangkat lunak (software) : sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses dat
* Prosedur : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dekedendakan.
* Orang : sesua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan dan penggunaan keluaran sistem informasi
* Basis data (database) : sekumpulan tabel, hubungan dll. yang berkaitan dengan penyimpanan data.
* Jaringan komputer dan komunikasi data : sistem penghubung yang memungkinkan resources dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.

No comments:

Post a Comment